Select Language :

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Affiliate Program / Salah Satu Cara Untuk Mendapatkan Penghasilan Lewat Internet

Banyak para pebisnis online sukses meraih penghasilan fantastis dari bisnis affiliate. Mereka bekerja dengan 'hanya' mempromosikan suatu program/produk affiliate ke orang laen.

Tapi jangan salah, kata 'hanya' bukan berarti mudah!
Kemampuan marketing adalah modal utama di bisnis ini,atau lebih tepatnya 'internet marketing'! Mungkin anda perlu menyisihkan sedikit waktu untuk belajar mendalami ilmu ini di sini. Saya tidak akan membahas lebih jauh tentang internet marketing pada kursus kita kali ini,he-he-he!
Jika anda sedikit bersabar mungkin pada kesempatan laen akan saya bahas di blog ini. Tunggu aja tanggal maennya;-).

Pada prinsipnya affilitate program adalah sebuah proses mempromosikan suatu produk,baik berupa program ataupun barang, dan kita akan mendapat komisi jika produk tersebut laku. Komisi ini lumayan besar prosentasenya dan cukup menggiurkan untuk di jalani. (Kabarnya John Cow aja sampai bisa mendapatkan earning lebih dari $30 ribu USD per bulan dari total affiliate program yang dia jalankan!)
Umumnya komisi affiliate program ini di atas 30% dari keuntungan penjualan dan bahkan beberapa ada yang sampai 70%,tergantung dari jenis produknya.

Sekarang mari kita coba menghitung keuntungan!!
Sebagai contoh misalnya sebuah produk affiliate berharga jual 10 $ dengan komisi affiliate katakanlah 40% dari harga jual. Jika kita bisa menjual misalnya 100 produk tersebut maka komisi yang kita dapat adalah :
10 $ x 40% x 100 = 400 $ ,jangan lupa itu masih kotor!
Jika dipotong biaya operasional semacam biaya hosting,koneksi internet,promosi dsb. semua misalnya 100 $, maka keuntungan bersih adalah 400 $ - 100 $ = 300 $ bersih!

Perhitungan di atas adalah salah satu contoh cara mudahnya untuk mengestimasi keuntungan yang akan kita dapat jika ingin terjun ke dunia bisnis affiliate. Ini penting sekali agar apa yang kita lakukan benar2 menghasilkan duit. Jangan sampai biaya oprasional melebihi hasil penjualan,bisa dimarahi ahli ekonomi! He-he-he!

Sementara cara promosi produk bisa bermacam-macam,mulai dari yang 'gratisan' sampai yang butuh merogoh kocek semacam Adbrite,BidVertiser,GoogleAdword dsb. yang berbasis PPC (Pay Per Click).

Bisnis Affiliate program menarik untuk dijalani. Selain tidak sedikit orang yang sukses juga simple karena kita tidak perlu membuat produk sendiri,tidak butuh modal untuk pengadaan barang/produk,stok,tidak ada resiko penyusutan dsb.
Intinya Tinggal Promosi, Laku Dapat Komisi! TPLDK(TM).

# Cara Kerja Affiliate Program
Biasanya jika kita join di suatu program affiliate kita akan mendapat link/url khusus dan kelengkapan2 laen seperti misalnya code HTML untuk membuat banner dsb. beserta instruksi2 untuk keperluan mempromosikan produk/program tersebut. Jika ada seseorang yang melakukan transaksi/join melalui link/url itu maka kita akan mendapatkan komisi affiliate.

Keberhasilan/kesuksesan seseorang sangat beragam. Seperti halnya bisnis2 laen,sebagian orang ada yang sukses luar biasa sementara sebagian juga ada yang tidak sukses. Semuanya tergantung dari seberapa besar keinginan dan semangat kita untuk bisa meraih keuntungan dan penghasilan besar dari situ,kerja keras serta sedikit keberuntungan!

Langkah2nya mungkin bisa kita ringkas menjadi :
1. Join affiliate program
2. Buat sebuah tulisan/artikel promosi di blog/website kita dengan url/link affiliate kita di dalamnya.
3. Datangkan traffic sebanyak-banyaknya ke blog/website tersebut. Kualitas dan kuantitas traffic sangat berpengaruh sekali!
Syukur2 bisa dapat traffic yang berkualitas dan berkuantitas!
Biaya promosi mungkin bisa ditekan dengan promosi lebih dari 1 produk sekaligus.

Langkah no. 2 dan 3 bisa diganti dengan mengirim link/url affiliate kita melalui e-mail ke teman2 atau kenalan kita,tapi jangan nyepam!!
Kelebihannya adalah bisa lebih tepat sasaran dan hemat biaya.

Dan berikutnya adalah banyak2 berdo'a sesuai keyakinan masing2 agar produk yang kita promosikan laku,he-he-he!

0 komentar: